TIPS UNTUK MEMPEROLEH MAKANAN HALAL DI JEPANG

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang – Asslamu’alaikum minna san…, Kali ini saya akan membahas bagaimana tips untuk mendapatkan makanan halal di Jepang. Memang akhir-akhir ini penduduk muslim di Jepang bertambah dari tahun ke tahun. Bagi muslim yang datang di sekitar sebelum tahun 2010 mungkin sulit untuk mencari makanan yang halal. Karena memang jumlah makanan halal di Jepang sangat terbatas pada waktu itu. Meskipun penduduk Jepang sangat menghormati keberadaan umat muslim yang ada di Jepang. Untuk sekarang ini kita sebagai umat muslim yang ingin tour wisata ke Jepang akan lebih mudah untuk mendapatkan makanan halal di Jepang.

Namun jika Anda masih merasa ragu jika ingin liburan, tour wisata ke Jepang maupun tinggal di Jepang tentang makanan halal yang ada di Jepang. Berikut saya rangkumkan tips bagaimana memilih makanan halal di Jepang. Berikut tips untuk memperoleh makanan halal di Jepang.

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

Pastikan Menemukan Halal Label ketika hendak mencari Makanan maupun Restaurant

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

Halal Logo dalam Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

  • Toko-Indonesia

Bagi kita warga negara Indonesia yang ingin ke Jepang tidak usah khawatir untuk hal ini. Karena banyak dari saudara kita WNI yang tinggal di jepang sudah membuka toko kelontong yang isinya tentunya makanan dan bumbu-bumbu halal yang di impor dari Indonesia. Enaknya lagi kita bisa membeli makanan tersebut secara online di Toko Indonesia . Pokoknya banyak makanan instant maupun bumbu-bumbu yang halal di toko tersebut.

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

Toko Indonesia dalam Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

  • Ninomiya Food

Ninomiya merupakan perusahaan di Jepang yang menyediakan daging halal impor. Dan masih banyak makanan halal yang bisa di beli di Ninomiya. Berikut website dari Ninomiya yang bisa Anda cari-cari untuk katalog makanan halal Ninomiya Halal Food.

  • Halal Bakery Liaison
Baca Juga Artikel:  12 Hal Menarik Di Ginza Tokyo Jepang Yang Bisa Anda Lakukan

Halal Bakery Liaison berada di Minato-ku Tokyo. Toko ini dibangun sekitar tahun 2014. Namanya juga toko Roti di sini dijual berbagai jenis Roti dengan komposisi dan bumbu yang InsyaAllah Halal hehe…

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

Halal Bakery Liaison dalam Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

  • Halal Corner di LAOX-Akihabara

Souvenir-souvenir Halal bisa Anda dapatkan di LAOX-Akihabara. Tempat ini merupakan tempat yang bagus dan tepat bagi Anda Muslim yang ingin membeli souvenir maupun makan halal di Jepang.

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

LAOX-Akihabara dalam Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

  • Gyomu Super

Bagi Anda yang ingin tinggal lama di Jepang, sebaiknya Anda menyempatkan untuk mengunjungi Supermarket Gyomu. Gyomu Supermarket  menyediakan makanan halal ecer maupun paketan. Kebanyakan dari makanan halal di supermarket ini sudah di beri stempel halalnya. Jadi Bagi Anda yang mau berbelanja di  Supermarket ini tidak usah khawatir.

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

Gyomu Super dalam Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

  • Toko barang impor

Di Tokyo, banyak sekali toko yang menyediakan barang-barang impor. Seperti Kaldi, Mitsukoshi, dan lain-lain. Mereka menyediakan makanan maupun bumbu-bumbu halal yang di impor langsung dari luar negeri. Misalnya impor dari Pakistan, Indonesia dan negara muslim lainnya. Jika Anda yang sedang liburan, tour, maupun tinggal di Jepang sebaiknya sempatkan mengunjungi tempat ini.

Kaldi Coffe Farm

Untuk Restoran halal yang ada di Tokyo sudah di posting  pada artikel sebelumnya Restaurant halal di Tokyo jadi cekidot aja gan hehe.

Belajar membaca komposisi dari setiap makanan yang akan di Beli

Kalau kita hendak ke Restaurant Jepang pastikan restaurant tersebut memiliki label halal, dan makanan yang disajikan halal. Alangkah baiknya kita menyanyakan dengan kalimat seperti ini,”SUMIMASEN, WATASHI WA MUSLIM DAKARA, ANO TABEMONO WA HALAL DESU KA?”. Atau menanyakan apakah makanan tersebut mengandung babi. Misalnya dengan “SUMIMASEN, WATASHI WA MUSLIM DAKARA, BUTA O TABEMASEN, HALAL TABEMONO GA ARIMASUKA”. Namun kali ini saya sedikit menjelaskan bagaimana mencari makanan dan melihat komposisi-komposisi makanan sebagai berikut:

  • Emulsifier (乳化剤 – nyuukazai)
Baca Juga Artikel:  10 Tempat Belanja Terbaik Di Asakusa Untuk Anda Pecinta Shopping

Emulsifier hampir ada di setiap makanan dan minuman. Memang tidak semua emulsifier merupakan komposisi haram. Karena tergantung dari bahan apa emulsifier itu dibuat. Misal dari Kedelai atau tanaman maka emulsifier itu halal. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu.

  • Shortening (ショートニング – shōtoningu)

Shortening banyak di dapatkan pada roti maupun biskuit. Shortening banyak dibuat dari tanaman maupun hewan. Jadi sebaiknya pastikan terlebih dahulu kandungan dari shortening tersebut.

  • Gelatin (ゼラチン – zerachin), Lard (ラ-ド – raado), pig oil (豚油 – ton’yu), animal oil (動物油 -doubutsu abura)

Gelatin banyak di temukan pada makanan seperti jelly, permen karet, dan topping pada es krim. Lebih baik hati-hati dalam memakan makanan yang mengadung ini, karena untuk di Jepang banyak makanan menggunakan jenis bahan ini. Agar lebih aman sebaiknya pastikan gelatin yang di pakai (植物油 – shokubutsu abura). Gelatin ini dibuat dari tanaman. Dan biasanya gelatin dari babi ada penandanya tersendiri.

  • Butter (バター), Baking powder (ベキングパウダー)

Semua butter dibuat berasal dari susu. Alangkah baiknya apabila untuk cek butter tersebut ada campuran dari bahan yang tidak halal.

  • Alcohol (アルコール)

Untuk Alkohol sudah dipastikan untuk sebaiknya tidak di konsumsi. Karena sudah jelas haramnya. Misal Sake.

  • Sake, Mirin (酒, みりん)

Banyak dari makanan di Jepang di masak dengan campuran alkohol maupun sake. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu pada chefnya. Kebanyakan chef di Jepang sangat menghormati keberadaan muslim di restaurantnya. Sehingga, lebih bijak apabila bertanya terlebih dahulu menu yang ada di restaurant tersebut.

  • Animal based products (pork, beef, chicken,etc.)

Seperti makanan yang mengandung babi banyak di dapatkan di Jepang, maka akan haram untuk dikonsumsi. Untuk memahami apakah makanan tersebut halal atau haram bisa kita cek terlebih dahulu kanjinya. Misal untuk  babi kanjinya seperti berikut: babi(豚肉), untuk sapi (牛肉), untuk ayam(鶏肉). Bagi anda yang suka Seafood bisa dipastikan semua bahan makanan dari laut pasti halal. Untuk lebih hati-hati adalah proses menyajikan atau memasaknya apakah menggunakan mirin/ sake sebagai bumbu masaknya.

Baca Juga Artikel:  5 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Di Roppongi Tokyo Jepang

Review makanan halal di Jepang

Di era berkembangnya star-up seperti sekarang ini, sudah banyak andriod apps atau apple apps yang menyediakan aplikasi untuk menemukan tempat atau makanan halal di jepang. Misal Halal Food In Japan, Halal Gourmet Japan, Halal Navi Japan dan Halal Media Japan. Jadi tidak usah ragu lagi jika kalian ingin berlibur, atau tour wisata ke Jepang, Kami siap menemani Anda hehehe.

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang

Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang dengan Aplikasi dari Halal-Navi.com

Bagi Anda yang masih penasaran bagaimana mendapatkan daging halal di Jepang. Anda bisa melihat video Tips Untuk Memperoleh Makanan Halal Di Jepang terutama Beli Daging Halal di Jepang  dari Senpai Fuoka sebagai berikut

Kontak Via WhatsApp